Ajang Latihan Menulis Pengalaman JSers

Di tahun 2012 admin @infojoesandy mengadakan acara kado ultah buat JSers yang berulang tahun (hanya mengirimkan data pribadi via email). Tiap bulan disediakan 2 kado.

Tahun 2013 ini, admin @infojoesandy ingin mengadakan "Ajang Latihan Menulis Pengalaman JSers." 

Tema latihan menulis ini adalah "Joe Sandy Inspiratorku" atau "Joe Sandy Motivatorku." Semua JSers boleh ikut, hanya menuliskan pengalaman pribadi Anda. Semua hasil karya JSers yang dikirim ke admin menjadi milik www.hensmagic.blogspot.com  

Rencananya, karya yang terpilih akan dijadikan ebook dan bisa di-download siapa saja secara gratis. Tujuan ajang latihan menulis ini adalah untuk menjadi tempat JSers mengasah kemampuan menulisnya dan mencoba berbagi. Jika Anda merasa kehadiran seorang idola (dalam hal ini Joe Sandy) memberi manfaat, menginspirasi dan memotivasi Anda, mari kita bagi semangat tersebut. Tertarik? Silakan baca persyaratan di bawah ini:


  1. Jujur. Semua yang JSer tulis adalah riil pengalaman pribadi, bukan karangan atau hasil imajinasi. Bagaimana mengukur kejujuran JSers? Tidak bisa! Semua diserahkan kepada JSers. 
  2. Anda adalah follower @infojoesandy. Sertakan nama, account Twitter Anda, alamat lengkap, alamat email, dan no. HP Anda.
  3. Panjang tulisan maksimal 10.000 karakter (termasuk spasi dan judul tulisan). Silakan gunakan fasilitas MS Word: blok tulisan, klik Review, klik Word Count.
  4. Karya belum pernah diikutkan pada lomba menulis di mana pun dan bukan merupakan saduran atau terjemahan. Admin sediakan sebuah contoh tulisan di bagian paling bawah, silakan dibaca.
  5. Anda boleh mengirimkan lebih dari 1 tulisan, tapi hanya 1 tulisan yang berhak untuk menang.
  6. Pengalaman ditulis dalam bahasa Indonesia. Admin berhak mengedit tulisan yang masuk bila dirasa perlu dan sejauh tidak mengubah makna.
  7. Karya yang masuk sepenuhnya menjadi milik www.hensmagic.blogspot.com
  8. Jika ada yang melanggar ketentuan, admin @infojoesandy berhak membatalkan kemenangan dan peserta harus mengembalikan hadiah. 
  9. Tulisan dikirim ke: hfj1105@yahoo.com tuliskan ALMPJ di Subject lalu diikuti judul tulisan Anda. Contoh: ALMPJ: Joe Sandy Memotivasiku Belajar Matematika, ALMPJ: Pengalaman Hidup Joe Sandy Menginspirasiku, dan lain-lain. Tulisan dikirim ke admin paling lambat Senin, 01 April 2013 dan pemenang diumumkan Sabtu, 11 Mei 2013 di www.hensmagic.blogspot.com dan di account Twitter @infojoesandy
  10. Keputusan admin @infojoesandy adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

Admin @infojoesandy tidak tahu seberapa besar minat JSers untuk mengikuti ajang latihan menulis ini. Dari followers @infojoesandy yang sekarang berjumlah 800-an, entah berapa naskah yang akan masuk. Admin @infojoesandy  akan memilih 5 karya yang terbaik dan akan dijadikan ebook. dan bisa di-download oleh siapa saja (Anda juga boleh menyebarkan ebook tersebut, tapi tidak boleh mengubah isi dan format ebook tersebut). Nama Anda sebagai penulis tetap dicantumkan di ebook tersebut. 

Lima tulisan yang terpilih untuk dijadikan ebook akan mendapatkan 1 novel, 1 souvenir, dan 1 alat (gimmick) sulap sederhana. Jika admin merasa ada lebih dari 5 tulisan yang dinilai baik, maksimal 10 tulisan akan dijadikan ebook (jadi ada tambahan 5 pemenang). Lima pemenang tambahan hanya mendapatkan 1 novel dan 1 souvenir. Semua hadiah akan dikirimkan langsung ke alamat pemenang.


Judul novel yang disediakan adalah:

  1. Belajar Kencan (Donatus A. Nugroho) 
  2. DivMania, Imut is Beautiful (Iraio Kopa) 
  3. Gerbang (Eka Kurniawan) 
  4. Hanya untuk Satu Nama (Isbedy Stiawan ZS)
  5. Libido Junkie (Nova Riyanti Yusuf)
  6. Manusia Batu (Dadan Suwarna) 
  7. My Lucky Day (Donatus A. Nugroho)
  8. Pilihan Lain (Donatus A. Nugroho) 
  9. Pintu (Vira Basuki)
  10. Segulung Cerita Tua (Yanusa Nugroho)
  11. Sheila vs Play Boy Kaleng (Ali Seihan)
  12. The Pigeon (Luna TR)

Contoh tulisan pengalaman JSers (dibuat oleh admin)

Master Joe Sandy Motivatorku


Saya seorang siswi SMP di sebuah kota di pulau Jawa. Sama dengan kebanyakan anak sekolah, saya termasuk anak yang paling takut dengan pelajaran matematika. Terlebih lagi guru yang mengajar mata pelajaran ini kurang begitu saya suka. Dapat nilai 6 saja, saya sudah sangat bersyukur. Orang tua sering menasihati saya agar lebih rajin belajar agar mendapat nilai yang lebih baik. Tapi saya sungguh malas untuk belajar matematika.

Suatu saat, saya menyaksikan acara TV yang menyajikan sulap. Seorang pesulap (yang kemudian saya ketahui bernama Joe Sandy) memainkan sulap yang berbeda. Joe Sandy yang dijuluki Master of Number bermain sulap dengan menggunakan angka-angka seperti halnya pelajaran matematika. Wow... semua terlihat begitu mudah dan menarik. 

Ketertarikan saya pada permainan sulap membuat saya mencoba mencari tahu bagaimana trik yang dimainkan Master Joe Sandy.  Dengan bantuan mesin pencari Google, saya menemukan permainan sejenis. Saya mencoba beberapa kali trik yang diajarkan di blog tersebut. Wow... ternyata saya bisa. Saya mainkan trik ini pada adik serta Papa dan Mama. Mereka takjub! 

Saat browsing, saya menemukan blog Master Joe Sandy. Saya coba kirim email dan ternyata dibalas. Master Joe Sandy memberi semangat agar saya rajin belajar. Kesuksesan memang tidak mudah diraih. Kita harus kerja keras, pantang menyerah, dan tentu tidak lupa berdoa. Sekarang, pelajaran matematika tidak lagi menakutkan. Nilai ulangan saya tidak lagi dapat 6 tapi sering terbalik jadi 9. Terima kasih Master Joe Sandy, motivatorku.    

 

Note: 
Setelah dihitung pakai Ms Word (blok tulisan, Review, Word Count), jumlah karakter termasuk spasi dan judul hanya 1.566 krakter. Tidak sulit 'kan? Ayo kirim karyamu...


0 komentar:

Post a Comment