Jin Itu Bernama Teknologi




Seorang rekan kerja penulis (penulis sebut inisialnya saja MGS) pernah bertanya kepada penulis. Kok kamu mau belajar sulap? Dia heran, mengapa "ilmu" seperti itu dipelajari. Di agamanya (Kristiani), tidak diperbolehkan. Mengapa? Karena sulap menggunakan bantuan makhluk dari alam kegelapan, ya seperti jin atau iblis. Begitu pendapat rekan penulis.


Dalam pandangan rekan penulis tersebut, keajaiban sulap itu terjadi berkat campur tangan makhluk dari alam lain. Kami diskusi cukup lama. Penulis mencoba menjelaskan (sepengetahuan penulis saja), bahwa sulap itu murni trik. Tidak ada yang namanya jin. Dia masih "ngotot" bahwa tidak mungkin hal tersebut bisa terjadi tanpa campur tangan makhluk halus. Itu mustahil.

Lalu penulis coba mainkan sebuah trik sederhana. MGS takjub, lalu penulis tanya, "Bagaimana hal ini bisa terjadi?" Tentu bantuan jin, jawabnya. Lalu "terpaksa" penulis bocorkan rahasia trik sulap sederhana tersebut. Lalu dia berkomentar, "Oh...jadi seperti itu."

Tapi bagaimana dengan menghilangkan benda-benda besar, membuat asistennya melayang tanpa tali atau sejenisnya? Terus terang saat itu penulis tidak tahu. Tapi yang jelas, dari berbagai sumber yang dapat dipercaya, penulis mendapatkan info bahwa semua keajaiban sulap itu murni trik. Bisa trik kecepatan tangan, memanfaatkan kelemahan mata kita, mengecoh pikiran kita, dan sebagainya. Sulap merupakan seni yang memadukan berbagai disiplin ilmu: fisika, kimia, matematika, psikologi, dan lainnya.

Mengapa hal yang dilakukan pesulap itu mustahil? Jawabnya: karena itulah "kerjaan" pesulap. Menghadirkan sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin. Kalau sebotol air tanpa tutup dibalikkan orang awam, airnya akan tumpah. Tapi di tangan pesulap, air akan melawan hukum alam (gravitasi) dan airnya tak akan tumpah.

Kalau baru-baru ini (akhir Juli 2010) Anda menyaksikan tayangan "The Biggest Magic Secrets Finally Revealed" di sebuah TV swasta nasional, Anda akan tahu rahasia-rahasia besar sulap. Semua dijelaskan secara gamblang. Penulis yakin, setelah menyaksikan aksi sang pesulap bertopeng membongkar rahasia sulap (tindakan yang sebenarnya "pantang" dilakukan oleh pesulap mana pun), Anda akan percaya bahwa sulap itu hanya trik.

Kalau semua itu terlihat di di luar logika, memang itulah "kerja" pesulap. Anda bisa menyaksikan bagaimana peralatan hidrolik yang digerakkan mesin bisa membuat asistennya melayang. Bahkan sebuah lingkaran hula hop bisa dilewatkan ke badan asistennya untuk membuktikan bahwa tidak ada tali atau alat yang menyangga tubuhnya. Lalu pesulap bertopeng memberitahukan bagaimana sulap ilusi ini dimainkan. Lengkap dengan tayangan dari sudut yang berbeda. Juga bagaimana trik yang membuat badan pesulap bisa hilang (kaki dan kepala tetap ada), sebuah pintu biasa yang bisa "menghilangkan" dan memunculkan pesulap dan beberapa asistennya padahal kameramen merekam langsung mengelilingi pintu dan dijamin tak ada proses editing. Rahasianya sederhana, hanya permainan pencahayaan dan memanfaatkan kelemahan mata dan pikiran penonton. Ada juga trik menghilangkan mobil dalam sekejab. Bahkan pada tayangan terdahulu, pesulap juga bisa menghilangkan tank yang beratnya sekian ton dalam sekejab. Semua direkam dengan kamera secara langsung dan tak ada proses editing.

Semua dibongkar tuntas! Dan Anda pun tahu, bahwa jin yang berada di balik keajaiban seorang pesulap itu bernama teknologi.

2 komentar:

miranti verdiana dewi said...

bukankah rahasia trik magic harus dijaga , ya? kok malah diberikan kepada umum?

Hendry Filcozwei Jan said...

Ranti, dlam hidup ini selalu ada 2 sisi. Terang gelap, siang malam, kaya miskin, suka tidak suka.

Ada yang sependapat, ada yang tak sependapat.

Yang kontra mengatakan kalau rahasia sulap dibocorkan, tak ada lagi yang tertarik dengan sulap (karena semua rahasia sudah diketahui). kasihan juga pencipta trik, susah-susah berinovasi, dibongkar begitu saja...

Yang pro (terutama dari si pesulap bertopeng), dia sengaja bongkar trik-trik klasik supaya para pesulap tidak terjebak dengan terus memainkan trik lama. Dia ingin pesulap selalu mengadirkan inoasi baru. Ini dilakukan agar sulap semakin maju.

So...?


Salam Magic

Hendry Filcozwei Jan
(www.rekor.blogspot.com)

Post a Comment