Mr. Robbin di Mata Mereka

Mr. Robbin, siapa ya? Mungkin begitu yang akan terlontar jika Anda bertanya pada anak muda/ ABG yang awam tentang dunia. Ya, maklum saja, Mr. Robbin, sang legenda sulap Indonesia itu memang sudah jarang tampil di TV ketika sulap sedang booming akhir-akhir ini.

Anda yang ingin mengenal sosok Mr. Robbin, silakan klik: Mengenang Mr. Robbin, Legenda Sulap Indonesia.

Penulis yang hobby sulap (bukan pesulap) mencoba mewawancarai beberapa pesulap (magician) yang penulis kenal. Mungkin banyak pesulap papan atas tanah air lain yang bisa dimintai pendapatnya tentang Mr. Robbin, tapi penulis tak punya keberanian untuk itu. Penulis bukan orang terkenal dan dari media (blog) yang tidak terkenal.

So... hanya beberapa orang yang penulis kenal dan punya nomor kontaknya yang penulis hubungi via SMS atau email. Syukurnya, banyak yang menanggapi positif alias bersedia memberikan komentarnya. Sambil menunggu komentar lain masuk, ini komentar yang sudah ada. Yang lain akan segera di-posting begitu penulis terima.

Terima kasih buat rekan-rekan magician yang bersedia mengirimkan komentarnya. Selain komentar, penulis akan menambahkan foto Anda di sini. Nama Anda akan berupa tulisan berwarna (selain hitam) dan itu merupakan links ke situs/ blog atau mungkin FB atau Twitter Anda. Mudah-mudahan menambah traffic ke sana.



Joe Sandy, Master of Numbers (Bandung)
"Bagi saya, Mister Robbin bukan saja mengajar, melatih serta mendidik saya tentang bagaimana menguasai seni magic atau seni sulap. Tapi lebih dari itu beliau telah mengubah paradigma saya tentang sulap, sampai saya mengerti bahwa sulap bukanlah seni yang dipelajari sampai bisa, dengan tujuan membuat orang lain tercengang dan dengan bangga kita berkata 'Hei, saya bisa dan Anda tidak bisa!'

Bukan juga sesuatu untuk tujuan menghibur saja, tapi lebih dari itu sulap adalah seni yang kalau kita ingin terjun di dalamnya, terlebih dahulu harus dipahami bahwa ini berbeda dengan seni yang lain. yang dimainkan bukanlah sebuah permainan melainkan sebuah "keajaiban." Jadi kalau kita sudah paham bahwa yang akan disuguhkan adalah sebuah keajaiban, barulah akan mengerti seperti apa kita akan berlatih untuk menciptakan keajaiban itu di mata audience!" ujar pria kelahiran Subang, 02 April 1973 yang juga merupakan salah satu murid Mr. Robbin ini. (zwei)



Akuy Wewey, Party Organizer (Bandung)
"Mr. Robbin bisa dibilang sebagai MAESTRO pesulap Indonesia karena seluruh hidupnya didedikasikan ke dunia sulap" ujar pemilik Trevi Organizer ini. "Saya yang kebetulan satu kota dengan Mr.Robbin (Bandung -red.), mengenal ia sebagai sosok yang humoris dan tidak pelit ilmu..." lanjut Ko Akuy yang tercatat sebagai orang yang mampu menahan tegangan listrik tinggi paling lama di acara World Record di Trans7 ini. (sriesandy)



Budy Snake, Magician & Snake Charmer (Jakarta)
"MR. ROBBIN adalah salah satu maestro sulap di Indonesia. Beliau memang terlahir untuk menjadi pesulap, sangat jenius, kreatif , dan nyentrik. Ajaran beliau yang selalu saya ingat adalah kuasailah beberapa seni sulap sampai mahir dan gunakan itu untuk tujuan menghibur, menghibur, dan menghibur orang banyak daripada mengejar banyak trik tetapi tujuannya hanya untuk kesombongan belaka.

Bagi saya pribadi MR. ROBBIN bukan hanya sebagai guru sulap yang mengajarkan apa itu seni sulap dan bagaimana mempelajari seni sulap seutuhnya, namun lebih dari itu. MR. ROBBIN adalah guru kehidupan; artinya beliau banyak sekali membekali saya ilmu-ilmu yang sangat berguna dalam kehidupan, yang beliau sering sebut dengan istilah "kungfu" dari seni sulap itu sendiri. Beliau banyak memberikan inspirasi dan motivasi kepada saya dalam menghadapi kehidupan yang sesungguhnya."
(zwei)


Ivan Christian, Magician (Bandung)
"Mr. Robbin adalah seorang legenda di dunia persulapan Indonesia. Bagi saya beliau adalah salah seorang guru besar yang mempunyai karakter dan sifat yang sangat unik. Mungkin gak akan ada lagi yang seperti beliau. Karakter yang melekat yang gak akan saya lupakan adalah becandaannya dan jahilnya. Dari cara bicara untuk becandanya biasanya membuat orang terhibur, tertawa terbahak- bahak, beliau bisa menjadi seorang comedy (magician). Keseriusannya pada saat mengajarkan "Art of Magic" kepada murid-muridnya membuahkan hasil yang baik. Bisa dilihat deh mantan murid- muridnya Om Robbin biasanya mereka perform magic pada keren-keren (dalam arti gak asal perform). Banyak murid-murid Om Robbin yang telah berhasil. Itu semua berkat beliau. He's trully Magic Maestro... Two Thumbs Up..." kisah Ko Ivan Christian yang lebih dikenal dengan nama Ivan Coin, pemilik Magic Castle ini. (zwei)



Andre Limantara, Magician (Surabaya)
Saya termasuk orang yang bisa dibilang baru di dunia sulap Indonesia. Namun, nama Mr. Robbin sangat familiar di telinga saya. Senior-senior saya banyak sekali bercerita mengenai beliau. Beliau termasuk salah satu maestro sulap Indonesia. Banyak sekali karya-karya dan sentuhan-sentuhan Mr. Robbin yang digunakan pesulap-pesulap muda. Itu membuktikan bahwa beliau adalah guru besar di dunia sulap Indonesia

Begitu pula dari segi entertainment. Mr. Robbin adalah entertainer sejati. Terlihat dari aksi panggung beliau yang sangat menghibur sekaligus juga magical. Pandangan beliau mengenai Magic Entertainment sangat sejalan dengan pemikiran saya, yaitu "Do it with heart." Mr. Robbin sangat mencintai dunia ini dan dia mengkomunikasikan kecintaannya melalui aksi panggungnya yang sangat memukau. Hal ini adalah level tertinggi dalam dunia sulap. Bukan hanya sekedar trick killer, tetapi pengemasannya adalah yang terpenting.

Kita tidak boleh melupakan tujuan utama dunia sulap yaitu: "to entertain." Hal inilah yang diajarkan oleh Mr. Robbin kepada murid-muridnya. Sebenarnya ini adalah pelajaran terbaik yang bisa diterima oleh seorang murid dari seorang Mr. Robbin. This is the highest level in Magic.


Tidak banyak senior seperti beliau lagi sekarang. Tidak salah semua orang memanggil beliau Maestro Magic Indonesia.
(zwei)



Sumber foto: Joe Sandy dari kapanlagi.com, Ivan dari FB,

0 komentar:

Post a Comment