Mengenang Alm. Mr. Robbin, Legenda Sulap Indonesia

Mungkin generasi sekarang tidak banyak yang mengenal Mr. Robbin (Grand Master of Magic) atau lengkapnya Robbin Massari Yassin.

Nama Mr. Robbin tak bisa dilepaskan dari dunia sulap tanah air. Jauh sebelum Deddy Corbuzier yang kembali mempopulerkan sulap, beliaulah yang paling sering tampil di TVRI (satu-satunya stasiun TV saat itu) memperkenalkan sulap. Tampil dengan dandanan khas dengan topi bulu ala tentara Rusia. Joe Sandy, Master of Number juga tercatat sebagai salah satu murid beliau.

Hampir 2 tahun beliau meninggalkan kita, beliau meninggal 16 September 2009, sehari setelah merayakan ulang tahun istrinya tercinta. Beberapa hari lagi, tepat 2 tahun beliau meninggalkan kita. Berikut penulis tampilkan riwayat singkat Mr. Robbin yang penulis ambil dari kaskus, yang ditulis sendiri oleh anak beliau. Tulisan ini sudah diedit agar lebih enak dibaca.

* * * * *


Mr. Robbin,
Legenda Sulap Indonesia


Akhir-akhir ini dunia persulapan sangat booming dengan adanya program acara The Master, karena ada acara ini, dunia industri sulap menjadi booming dan terkenal. Suka atau tidak suka menurut pendapat saya kita harus acungi jempol kepada pihak yg mengadakan acara ini.

Indonesia pernah punya pesulap legendaris lainnya pada medio 1970-1980-an, dia adalah Mr Robbin. Terlahir dengan nama Robbin Massari Yassin di sudut kota Cimahi pada 13-2-1952. Merupakan anak yg cerdas. Pada umur 9 tahun sepulang dari sekolah dia melihat ada kerumunan massa dan seorang tukang obat dengan atraksi sulapnya mendapat appaluse yang meriah dari pengunjung pasar
.

"W
ahh keren! Hebat, begitulah isi pikiran seorang bocah. Kenangan tentang sulap itu akhirnya mewarnai hidupnya, dan ia menjadi seorang pesulap hingga akhir hayatnya.

Beliau menjadi profesional setelah menimba ilmu di MEPHISTO Magic Club Amsterdam. Pada tahun medio 1973 itu sangat sedikit orang yang tertarik pada sulap. Aliran yang membuat Mr. Robbin terkenal yaitu comedy magic, interactive magic, ventriloquist with boneka Charlie dan juga illusionist.

Pesulap seangkatan beliau pada tahun itu adalah alm. Mr Densu, Mr Handy (ayah Rizuki)
, Pak Tepong (still going strong also my friend), Jack n inda, Yans Suryana akrobatik, juga Mr. Bing Rahardja, serta Adri Manan.

Mr. Robbin, selalu keliling setiap harinya, show di acara wedding, seminar, ultah dll. Nah suatu hari ketika sedang tampil, dia lihat ada satu penonton wanita yang menarik perhatiannya. Setelah selesai show mulai deh beliau melakukan pendekatan, kenalan, dan akhirnya mengajak si wanita itu menjadi asisten sulap (mungkin pada saat kenalan itu beliau tidak menyangka bahwa kelak sang asisten itu menjadi wanita yang mendampinginya, menemaninya, dan menjadi asisten Mr. Robbin sampai akhir waktunya di dunia ini, juga menjadi ibu dari 3 anak-anak Mr. Robbin). Wanita itu bernama Nining Kardinie.


Bersama Nining dan seluruh crew, Mr. Robbin mendirikan sirkus keliling The Simsim Show, sukses menghibur di setiap jengkal tanah yang ada di seluruh Indonesia, dari Sabang sampai Merauke. Beliau melebarkan sayapnya dan go international ke Malaysia, Brunei, Singapura, Thailand, dan China.


Beliau pernah mendapat Honourable Mentioned dari The Indonesian Embassy Beijing, China, Sijil penghargaan dari pengarah jabatan penyiaran Malaysia, Juni 1988. Yang paling berkesan kata Mr. Robbin ketika beliau show di istana sultan Brunei, Sultan Hassanal Bolkiah. Waktu itu Mr. Robbin bersama Nining asistennya, Mr. Bing Rahardja dan juga rombongan pengisi acara dari Indonesia, tampil di istana untuk menghibur keluarga kerajaan. Sesudah tampil beliau mendapat hadiah yang tak ternilai harganya dan masih ada sampai sekarang yaitu jam tangan ROLEX emas!


Terakhir, pada Februari 2009 beliau ke Thailand untuk jadi juri pada Thai Magic Festival, dan bulan Juni 2009 ke Malaysia, Subang Parade Magic.

"Hidup untuk sulap, sulap untuk hidup." Do what you love and love what you do, cintai profesimu sepenuh hati, sulap itu menghibur dan menghibur itu ibadah, maka dari itu jangan selalu membicarakan berapa honor yang didapat, dan juga royalti, tetapi lakukan saja dengan penuh semangat maka rejeki akan datang dengan sendirinya
itu kata-kata petuah yang selalu saya kenang.

Pada tanggal 16 Sept 2009 beliau pulang dipanggil ke alamnya yang baru oleh Tuhan yang Maha Kuasa untuk menghibur para penghuni surga dan nirwana
. Padahal tanggal 15 Sept 2009 beliau masih ketawa-ketawa, senang-senang di pesta ultah mama saya tercinta di studio sulapnya, bersama murid dan teman-temannya makan malam pesta ultah mamaku. Ternyata itu adalah pesta mama ultah yang terakhir bersama beliau.

Mr. Robbin, you are born to be a Great Magician, dengan ilmu sulap kau menghidupi kami semua, Anda adalah sosok sederhana, ceria, dan tak pernah susah.


Tribute to Mr Robbin, my daddy, brother, friend, and my mentor.


Rest in peace Suhu Mr. Robbin (1952-2009)

Sumber: Kaskus

* * * * *

Di bawah ini kutipan berita meninggalnya Mr. Robbin:

Cimahi, Tribun - Pesulap legendaries tanah air, Robbin Massarie yang kondang dengan panggilan Mr. Robbin tutup usia sekitar pukul 20.00 tadi di kediamannya di Jalan Gatot Subroto, Cimahi, karena serangan jantung.

Mr. Robbin meninggal, sehari setelah ia dan sahabat-sahabatnya merayakan hari ulang tahun isterinya di Gatot Subroto.

Para penggemar sulap tanag air mengenal Robbin sebagai pesulap yang selalu berpenampilan bak tentara Rusia dengan topi bulu. Pada masanya di tahun 1980-an silam, pertunjukkan sulap Mr. Robin termasuk yang paling ditunggu oleh penonton TVRI, tak cuma anak-anak, melainkan orang dewasa.

Di kalangan para pesulap, pria kelahiran 13 Februari ini juga selalu diingat dengan rasa hormat mengingat dedikasinya yang luar biasa. Robbin menggeluti profesi menjadi pesulap hampir sepanjang hidupnya, atau tak kurang dari setengah abad.

Sepanjang kariernya, lebih dari 52 negara sudah di kunjunginya termasuk Afrika. Mr. Robbin meninggalkan seorang isteri dan tiga orang anak.

Buat tambahan saja, beliau merupakan generasi pertama dari sulap di indonesia, yang sempat terpuruk, dan beliau yang pernah mengangkat seni sulap sebelum munculnya Deddy Corbuzier.

Jenazah beliau disemayamkan di Rumah Duka Nana Rohana, Bandung di ruang K dan L. Jenazah Mr. Robbin akan dikremasi pada tanggal 24 September 2009 di Krematorium Cikadut, Bandung. Berangkat dari Rumah Duka Nana Rohana menuju krematorium pukul. 11.00 tepat.

Sumber: Kaskus, Milis SIM Jakarta


Ingin tahu apa kata para magician tentang sosok Mr. Robbin? Simak pendapat pesulap profesional dan orang-orang yang suka sulap tentang legenda sulap Indonesia ini dengan meng-klik ini: Mr. Robbin di Mata Mereka



Ini video sulap Mr. Robbin:




Persis 1 tahun kemudian (16 Sept 2010) diadakan acara Tribute to Mr. Robbin di kediamannya di Magic Art Studio, Cimahi yang dihadiri keluarga, para pesulap, dan murid-murid beliau. Ini video penampilan Budi Haha bersama boneka Mr. Robbin, Charlie:


0 komentar:

Post a Comment